Seniman Kebanggaan Malaysia Itu Ternyata Keturunan Aceh

Melanjutkan cerita di film animasi Upin & Ipin kemarin. Dalam episode Kenangan Mengusik Jiwa, disitu sering disebut nama P.Ramlee yang katanya sebagai seniman negara. Aku tanya sama bapak siapa sih P.Ramlee itu? yang di film Upin & Ipin cuma ada fotonya waktu dibawa Aziz Sattar saat meninggalkan warung paman Muthu. Jawaban bapak seperti biasa, ayo kita tanya mbah gugel saja. Ternyata bapak juga nggak tahu. 😀

P.Ramlee & Aziz Sattar

P. Ramlee & Aziz Sattar

Akhirnya kita tanya mbah gugel, kemudian ke wikipedia. Disitu ditulis kalau nama asli P.Ramlee adalah Teuku Zakaria bin Teuku Nyak Puteh (lahir di Pulau Pinang, 22 Maret 1929 – meninggal 29 Mei 1973 pada umur 44 tahun). Ibunya seorang wanita Malaysia bernama Che mah Binti Hussien, sedang ayahnya, Teuku Nyak Puteh, berasal dari Lhokseumawe, Aceh, Indonesia (Hindia Belanda).

Kemudian sahabatnya Abdul Aziz bin Sattar atau lebih dikenal sebagai Aziz Sattar (lahir di Pekalongan, 8 Agustus 1925 – meninggal di Selangor, 6 Mei 2014 pada umur 88 tahun). Ayahnya bernama Sattar Sawal dan ibunya Satimah Jalal. Aziz Sattar masih merupakan keturunan Bawean, Jawa Timur.

Aku mengira Aziz Sattar masih hidup, karena masih ikut main di film Upin & Ipin. Ternyata, kata bapak episode Kenangan Mengusik Jiwa itu filmnya sudah tahun 2012, saat Aziz Sattar belum meninggal. Kedua seniman kebanggaan Malaysia itu meninggal karena serangan jantung.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s