Bermain Ke Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda

Saat tadi buka-buka file foto di hape bapak, aku lihat ada foto waktu kita (aku, ibu dan bapak) dulu pergi ke tahuradjuanda (Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda). Aku meminta bapak untuk menyalinnya di komputer agar bisa dilihat dengan jelas. Hape bapak kan layarnya kecil. 😛

Sebenarnya ini sudah lama, waktu itu aku masih kelas 1 dan ini pertama kalinya aku ke tahuradjuanda, begitu juga dengan bapak dan ibu. Saat itu hari minggu, kita kesana pagi hari. Perjalanan lumayan jauh dan menanjak, mungkin sekitar 1 jam lebih, soalnya kita mampir dulu di mini market untuk membeli minum dan cemilan sekalian istirahat. Sampai disana sudah terlihat ramai, mungkin karena hari minggu. Setelah membeli karcis masuk kemudian mencari tempat parkir (karcis sudah termasuk biaya parkir), lalu masuk ke hutan lewat jalan setapak yang bagus, kiri kanan menjulang tinggi pohon-pohon pinus, udaranya sejuk banget.

peta obyek tahura dan hutan pinus

peta obyek tahura dan hutan pinus

Lanjut berjalan menuruni anak tangga, terus lurus kita disambut sama bapak-bapak yang menyewakan senter untuk masuk ke gua Jepang. Karena kita cuma bertiga, cukup menyewa 1 senter saja kemudian bergabung dengan rombongan dari luar kota yang juga dipandu sama bapak yang menyewakan senter tadi. Setelah menyusuri gua Jepang yang pengap, kemudian mampir ke warung yang jual jagung bakar. Istirahat dulu, makan jagung sambil menyantap bekal yang dibeli di mini market.

menikmati jagung bakar di gubuk

menikmati jagung bakar di gubuk

Setelah cukup istirahat dan makan, lanjut jalan lagi menuju arah gua Belanda. Sepanjang jalan banyak tukang ojek yang menawarkan untuk mengantar ke air terjun yang jaraknya cukup jauh. Sampai di gua Belanda ternyata banyak banget yang ngantri untuk masuk, dan rencana menyusur gua Belanda batal.

hutan disebelah selatan dan jalan pulang

hutan disebelah selatan dan jalan pulang

Karena tidak jadi  masuk gua Belanda, aku mengajak bapak dan ibu pulang. Sudah capek jalan juga sebenarnya, padahal belum semua obyek dikunjungi (lupa foto di monumen Ir. H. Djuanda). Kalau kalian mau kesini, Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda terletak di Kampung Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan. Buka setiap hari dari jam 08.00 WIB – 18.00 WIB. Suejuk bener udaranya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s