Fakta Keren Tentang Sumatera (1)

Artikel ini aku tulis bersama bapak yang di dapat dari berbagai sumber, baik dari majalah bekas yang aku punya dan hasil bertanya ke mbah Dukun Gugel. Ada 7 fakta keren yang nantinya akan kita ulas di blog ini. Semoga bermanfaat. 😀

Kalian pasti tahu dong pulau Sumatera atau Sumatra, yang beberapa tahun lalu (di Aceh) kena terjangan tsunami (semoga tidak terjadi lagi. aamiin). Nama asli Sumatera, sebagaimana tercatat dalam sumber-sumber sejarah dan cerita-cerita rakyat, adalah Pulau Emas. Dikenal pula dengan nama lain yaitu Andalas.

gambar minta mbah gugel

gambar minta mbah gugel

Fakta Keren Tentang Sumatera (2)

Pulau Sumatera terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda, dan di sebelah barat dengan Samudra Hindia. Secara umum, pulau Sumatera didiami oleh bangsa Melayu, yang terbagi ke dalam beberapa suku. Suku-suku besar ialah Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, Besemah, Suku Rejang, Ogan, Komering, dan Lampung. Di wilayah pesisir timur Sumatera dan di beberapa kota-kota besar seperti Medan, Batam, Palembang, Pekanbaru, dan Bandar Lampung, banyak bermukim etnis Tionghoa. Penduduk pulau Sumatera hanya terkonsentrasi di wilayah Sumatera Timur dan dataran tinggi Minangkabau. Mata pencaharian penduduk Sumatera sebagian besar sebagai petani, nelayan, dan pedagang.

Fakta keren yang pertama yaitu Sumatra adalah pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia. 😎

bersambung…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s