Ampo, Camilan Khas Dari Tuban

Beberapa hari yang lalu aku menonton acara Si Bolang (Bocah Petualang) di salah satu stasiun TV swasta. Saat itu megisahkan tentang Si Bolang dari Jawa Timur, tepatnya daerah Tuban. Acaranya seperti biasa, tentang kegiatan meraka sehari-hari. Dan salah satu kegiatan mereka yang membuat aku heran adalah saat mereka membantu mengolah tanah liat untuk dijadikan camilan, namanya ampo. Aneh kan? tanah kok dimakan, rasanya gimana ya? Jadi penasaran.

Ampo adalah makanan yang terbuat dari tanah liat (orang setempat menyebutnya lempung) tanpa ada campuran bahan lain. Biasa dikonsumsi sebagai makanan ringan atau camilan. Masyarakat setempat percaya, bahwa dengan mengkonsumsi ampo dapat menguatkan sistem pencernaan, juga sebagai obat yang dapat mengobati beberapa macam penyakit. Bahkan wanita yang sedang hamil juga gemar makan camilan ini.

diuleni terus diserut

diuleni terus diserut

Cara membuat ampo kelihatannya sangat mudah. Tanah yang digunakan sebagai bahan baku membuat ampo tidak boleh sembarangan, melainkan harus berjenis tanah liat yang bertekstur lembut dan bebas dari pasir dan kerikil. Dengan menambahkan air secukupnya adonan tanah liat diuleni agar menjadi kalis dengan ciri tidak lengket di tangan. Lalu dibentuk menjadi kotak dengan memukulkan palu besar yang terbuat dari kayu, baru kemudian diserut sedikit demi sedikit dengan bilah pisau bambu hingga membentuk gulungan seperti wafer roll.

dipanggang dan siap disantap

dipanggang dan siap disantap

Selesai diserut kemudian dikumpulkan dan ditempatkan pada semacam periuk gerabah tanah liat untuk diasapi atau dipanggang di atas tungku kayu bakar. Setelah matang (matangnya gimana ya? warnanya kok sama saja 😀 ) kemudian diangkat dan disajikan. Sebagai teman minum teh katanya juga enak. Ada yang pernah mencoba?

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s