Fakta Keren Tentang Sumatera (4)

Pernah berendam di pemandian air panas? tentunya sudah banyak yang melakukannya. Kalau berendam di pemandian air soda? mungkin belum banyak yang melakukannya (termasuk aku 😀 ).

Pemandian Air Soda yang ada di daerah Parbubu Tarutung adalah pemandian air soda satu-satunya yang ada di Indonesia. Pemandian ini sudah dikelola dan dikembangkan sejak tahun 1976 menjadi Objek Wisata, yang dikelola oleh Minar Sihite. Minar Shite adalah seorang bidan yang pulang ke kampang halaman di Tarutung. Tanpa diduga ibu tersebut berjalan ke lokasi air soda yang ditumbuhi semak belukar dan menemukan air soda di daerah tersebut.

gambar wikipedia

gambar wikipedia

Pemandian Air Soda ini juga oleh warga setempat disebut Aek Rara, karena warna airnya nyaris berwarna merah sehingga nama Pemandian Air Soda Tarutung dalam bahasa batak toba disebut Aek Rara Tarutung, aek adalah air dan rara adalah merah.

Sensasi mandi di air soda tentu berbeda dengan pemandian pada umumnya. Saat menyeburkan diri, tubuh akan berasa seperti berbusa dan agak hangat. Airnya juga tidak lengket saat tersentuh dengan kulit, terasa sedikit asin dan badan seolah berasa halus dan ringan. Tapi ingat, cipratan airnya bakal membuat mata sedikit perih.

Fakta keren yang keempat yaitu di Tarutung, ada kolam pemandian yang airnya beraroma dan berbuih seperti soda. 😎

bersambung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s