Uniknya Ikan Badut, Dari Jantan Berubah Menjadi Betina

Masih ingat dengan film Finding Nemo? lucu ya filmnya. Nemo adalah seekor ikan giru namun lebih dikenal dengan sebutan ikan badut atau Clown Fish.

Dapat artikel (aslinya panjang, ini sudah aku ringkas) lagi dari majalah sobek, eh bekas untuk aku bagikan disini, mudah-mudahan bermanfaat. Meskipun namanya badut, ikan ini sangat cantik. Garis putih yang melintang di punggungnya merupakan ciri khas ikan ini. Warna tubuhnya bermacam-macam, ada merah, hitam, kuning dan yang paling terkenal adalah warna oranye.

dari wikipedia

dari wikipedia

Ikan badut banyak terdapat di Laut Merah, Samudera Hindia dan laut di sekitar Australia. Karena Indonesia berada di Samudera Hindia, ikan badut juga ditemukan di laut-laut Indonesia, seperti di Kalimantan, Nusa Tenggara, dan lain-lain. Ikan badut hidup di dasar laut yang terdapat banyak anemon. Anemon adalah binatang laut yang bentuknya seperti rumput laut. Anemon memiliki banyak tentakel yang mengandung racun yang digunakan untuk membunuh ikan kemudian memakannya. Kalau ikan yang lain takut dengan anemon, ikan badut justru hidup diantara tentakel anemon. Kenapa tidak kena racun sperti ikan lain? menurut para ilmuwan, kulit ikan badut dilapisi selaput lendir sehingga terlindung dari racun tersebut.

Pertemanan antara ikan badut dan anemon saling menguntungkan. Berada diantara anemon ikan badut aman dari serangan musuh, juga bisa mendapatkan makanan dari sisa (sisa nggak papa yang penting kenyang ๐Ÿ˜› ) makanan anemon. Sementara anemon menjadi bersih dan bebas dari penyakit.

minta mbah gugel

minta mbah gugel

Semua ikan badut yang berenang di atas anemon adalah betina. Mereka akan pergi ke bawah anemon bila saatnya bertelur telah tiba. Semua telur itu akan menetas menjadi ikan badut jantan yang hidup di bawah anemon. Setelah dewasa ikan itu pindah ke atas anemon dan bergabung dengan ikan betina lainnya. Mereka berubah kelamin menjadi ikan betina dan siap untuk bertelur. Telurnya yang diletakkan di bawah anemon akan dibuahi dan dijaga oleh ikan jantan sampai menetas.

Ikan badut digolongkan sebagai ikan hermaprodit, karena mengalami perubahan jenis kelamin. Ikan yang aneh, eh..unik. ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s