Tanggal Lahir Pak Raden Jadi Hari Dongeng Nasional

Pernahkah kalian dibacakan dongeng?. Aku dulu pernah. Sebelum aku bisa membaca, dulu sering dibacakan dongeng, meskipun tidak setiap hari. Ibu dan bapak suka gantian membacakan dongeng untukku. Dongeng dari buku atau majalah yang dibeli bapak di toko buku bekas.

Sejak aku bisa membaca (saat itu masih TK), aku jadi lebih suka membaca dongeng dan cerita lainnya sendiri. Juga melihat kartun dongeng anak-anak yang bapak download di Youtube.

Si Unyil dan Pak Raden

Si Unyil dan Pak Raden

Tanggal 28 November adalah hari kelahiran Drs. Suyadi atau lebih dikenal dengan sebutan Pak Raden dalam tokoh Si Unyil. Deklarasi Hari Dongeng Nasional dilakukan Forum Dongeng Nasional dan komunitas lainnya di Perpustakaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Sabtu (28/11/2015).

“Menjadikan hari kelahirannya sebagai Hari Dongeng Nasional artinya kita memastikan legasi, keteladanan, dan pesan-pesannya akan terus kita kenang setiap tahunnya. Maka dari itu saya mengapresiasi inisiatif untuk deklarasi 28 November, hari kelahiran Pak Raden, sebagai Hari Dongeng Nasional,” ujar Mendikbud Anies Baswedan.

Selain mendongeng, Pak Raden juga pandai melukis. Dulu pernah ada acara di salah satu stasiun TV (aku lupa nama acaranya) yang disitu Pak Raden mengajari melukis apasaja kepada anak-anak. Dan aku selalu suka menonton acara tersebut.

Jadi, dongeng tentang apa yang kalian suka? 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s