Ketan Juruh. Menu tahunan bulan Mulud

Ketan juruh, menu tahunan bulan mulud untuk memperingati Maulid Nabi.

Maulid Nabi Muhammad SAW kadang-kadang Maulid Nabi atau Maulud saja (bahasa Arab: مولد النبي‎, mawlid an-nabī), adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW, yang di Indonesia perayaannya jatuh pada setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara subtansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad.

ketan juruh maulid nabi

​Kemarin malam waktu pulang dari bonbin (kebun binatang) Semarang, aku diberi mak’e ketan juruh. Karena capek aku langsung tidur, dan ketan juruhnya di makan ibu sama bapak.

Persiapan Ujian Akhir Semester Satu

Persiapan ujian akhir semester satu kali ini seperti biasanya, yaitu selain belajar dari buku fokus dan ulangan harian juga belajar dari soal-soal dari mbah gugel yang di print sama bapak.

soal ulangan akhir semester satu


Ujian akhir semester satu besok berlangsung 1 minggu, pokoknya aku harus lebih giat lagi belajarnya agar hasilnya tidak mengecewakan.

Ketan Jali, Salah Satu Menu Sarapan Murah Meriah Selain Bubur Mbah Sri

Ketan jali, salah satu menu sarapan murah meriah selain bubur mbah Sri. Harga 1 bungkusnya cuma seribu dan itu sudah membuat perut tidak keroncongan lagi. Ketan jali ini biasanya dijajakan oleh mbak Sulas, penjual sayur langganan ibu.

Jali (Coix lacryma-jobiL.), merupakan sejenis tumbuhan biji-bijian (serealia) tropika dari suku padi-padian atau Poaceae. Asalnya adalah Asia Timur dan Malaya namun sekarang telah tersebar ke berbagai penjuru dunia. Beberapa varietas memiliki biji yang dapat dimakan dan dijadikan sumber karbohidrat dan juga obat. Bulir yang masak terbungkus struktur yang keras, berbentuk oval dan berwarna putih. (wikipedia)

Aku sendiri belum pernah lihat pohonnya. Bapak pernah cerita kalau dulu waktu bapak kecil suka mainan jali, biasanya disetiap pekarangan rumah suka ada. Jali itu dirangkai dengan benang jahit dijadikan gelang dan tasbih. Kalau sekarang sudah susah untuk menemukannya, mungkin didaerah tertentu saja.

ketan jali

ketan jali

Ketan jali ini rasanya kayak beras ketan, dengan butiran-butiran yang lebih besar. Rasanya manis enak dengan toping parutan kelapa dicampur gula merah. Mantap deh pokoknya.

Nonton Pawai Drumband Di Alun-Alun Temanggung

Pagi tadi aku, ibu dan adik pergi ke alun-alun Temanggung untuk nonton pawai drumband di alun-alun Temanggung. Acara nonton ini sudah aku rencanakan dari kemarin. Hari minggu kali ini pokoknya harus bangun pagi terus pergi ke alun-alun Temanggung. Acara ini merupakan salah satu agenda Pesta Rakyat Hari Jadi ke 182 Kabupaten Temanggung. Aku, ibu dan adik Rafif naik angkot menuju ke Temanggung, turun di rolikuran terus lanjut jalan kaki menuju alun-alun yang lumayan jauh. Sekalian olahraga pagi, biar sehat.

Sampai disana pukul 09 lebih, dan acara sudah mulai. Kita jalan menuju pendopo dan berdiri di trotoar bersama dengan warga Temanggung yang lain. Acaranya meriah, cuaca cerah dan adik Rafif juga kelihatan senang banget dari yang jejeritan teriak nggak jelas sampai ndomblong lihatin drumband.

nonton pawai drumband di alun-alun temanggung

nonton pawai drumband di alun-alun temanggung

Saat jeda iring-iringan drumband, aku dan ibu istirahat dibawah pohon beringin, dan kebetulan disana ada yang jualan pempek. Akhirnya aku dan ibu pesen pempek sementara adik Rafif tertidur pulas, capek teriak-teriak kayaknya, eh..sudah jadwalnya tidur juga sih. Saat selesai makan dan duduk santai, mas Malvin saudaraku datang sama ortunya. Ketemu juga akhirnya, katanya mereka tadi nonton di sebelah timur alun-alun.

Setelah selesai pawai yang kedua aku dan ibu beranjak untuk pulang, tapi sebelumnya mampir ke swalayan dulu untuk beli diaper alias popok sekali pakai buat adik Rafif. Ortu mas Malvin menawarkan untuk pulang bareng. Asyik…dapat tumpangan gratis (makasih dhe Yuli dan dhe Lina tumpangannya), dan setengah jam kemudian aku sudah sampai di rumah.

Soal Matematika Ini Bikin Bingung

Artikel titipan dari bapak, katanya biar aku juga ikutan belajar matematika soal cerita. Padahal bapak sudah tahu kalau aku paling malas sama matematika, apalagi soal cerita. Kata bapak saat ini lagi ramai di sosmed (sosial media) tentang soal matematika yang bikin bingung, bingung antara jawaban murid atau jawaban guru yang benar. lihat aja deh. 😀

soal matematika ini bikin bingung

soal matematika ini bikin bingung

Kalau menurut bapakku, jawaban yang benar adalah jawaban murid alias jawaban anak. Karena dalam soal itu ada kata “masih” yang menyebutkan kalau masih mempunyai 14 sendok. Kalau menurut aku, mbuh ora mudeng babar blas. 😆

*ikut pendapat bapak aja deh

Main Ke Kids Fun Laris SwalayanTemanggung

Main ke Kids Fun Temanggung. Sebenarnya sudah lama sih, tapi belum sempet di publish. Aku main ke kids fun setelah mampir dari Ice Corner (ceritanya disini) waktu mau beli pensil warna. Kids fun ini berada di lantai 2 Laris swalayan. Naik tangga lewat sebelah pintu masuk utama langsung menuju tempat penukaran koin. Aku lupa harga 1 koinnya (bapak yang beli soalnya), kalau nggak salah Rp 1500.

Setelah dapat koin aku langsung menuju ketempat kesukaanku. Balap mobil Mario Bros. Selain adu cepat juga saling lempar senjata yang di dapat saat balapan dengan mencet (pukul) tombol warna merah disebelah kanan.

balap mobil mario bros kids fun laris swalayan

balap mobil mario bros kids fun laris swalayan

Tiga kali balapan aku nomor 1 terus, bosen balapan aku pindah ke bola pantul. Nggak tau namanya apa, pokoknya masukin koin tekan tombol ada bola yang menggelinding dan memantul kemudian masuk ke lobang yang ada angkanya. Saat itu bolanya masuk ke angka 60. Dan aku mengulanginya beberapa kali lagi. Setelah itu pindah ke permainan mukul bedug eh drum eh embuh jenenge opo. 😆

Dilayar muncul monyet yang mengumpulkan pisang dan buah lainnya sesuai bedug yang kita pukul. Bedug utama yang besar gambar buah pisang, dan yang kecil kiri kanan gambar buah strawberry dan anggur.

pukul bedug kids fun laris swalayan temanggung

pukul bedug kids fun laris swalayan temanggung

Capek juga mukulnya, ada beberapa buah yang nggak sempat keambil. Akhirnya dibantuin sama bapak mukul bedugnya. Setiap selesai permainan ada tiket yang keluar dari mesin dan aku tukar dengan snack.

Pesta Rakyat Hari Jadi Ke 182 Kabupaten Temanggung 2016.

Pesta rakyat hari jadi ke 182 kabupaten Temanggung 2016. Sekedar info saja untuk ikut menyemarakkan pesta rakyat hari jadi ke 182 kabupaten Temanggung.

Pesta rakyat hari jadi ke 182 kabupaten Temanggung

Info lebih lanjut silahkan hubungi Pemkab Temanggung via twitter @temanggungkab. Matur nuwun.