Lungsuran Sepeda Roda Tiga Untuk Adik Rafif

Lungsuran, barang bekas yang masih layak pakai. Beberapa bulan yang lalu saat bapak ada di rumah, bapak bongkar gudang mencari sepeda roda tiga punyaku dulu saat aku masih kecil. Kondisinya masih lumayan bagus, cuma ada bagian yang patah dan perlu dilas juga ada beberapa yang sudah karatan. Kata bapak masih bisa diperbaiki, bisa di lungsurin ke adik Rafif. Sedikit perbaikan lebih hemat daripada beli baru lagi. Sayang, saat mulai dibersihin, dicat ulang (pipa besi tadinya warna abu-abu sekarang jadi warna hitam doff dengan cat semprot) kemudian dirangkai lagi sama bapak aku lagi sekolah. Jadi nggak sempat ambil gambar.

Sejak bulan kemarin, masuk umur 6 bulan adik Rafif sudah mulai belajar duduk. Sebelumnya sudah merangkak ngesot kayak tentara jalan tiarap dengan tangan seperti yang aku lihat di TV. Awal bulan agustus ini adikku sudah sempurna posisi duduknya, bahkan sudah bisa merangkak juga.

sepeda lungsuran dariku

sepeda lungsuran dariku

Karena duduknya sudah kuat nggak roboh dan miring-miring lagi, sekarang adikku jadi sering minta naik sepeda lungsuran dari aku. Sepeda roda tiga ini ada pengaman dan pegangan untuk adik, juga ada pegangan di belakang yang berfungsi untuk mendorong dan membelokkan stang karena ada pengait besi dibawahnya. Jadi adik Rafif tinggal duduk manis sementara aku dan ibu gantian olahraga jalan kaki muterin rumah dan halaman sambil dorong sepeda.

Kadang kalau kita berhenti dorongnya, adik minta jalan lagi dengan kode teriak dan menjerit. Capek deh…

Olahraga Sore Hari, Bermain Egrang Bersama Teman

Beberapa hari yang lalu aku minta tolong sama Pak’e (sebutanku untuk kakek) untuk membuatkan Egrang. Iya, dikampungku saat ini anak-anak sebayaku lagi demam egrang, termasuk aku. 😀

Aku termasuk telat nih belajar egrangnya. Saat yang lain sudah pada sibuk belajar egrang, aku masih senang main sepeda. Tapi kata ibu nggak apa-apa, tidak ada kata terlambat untuk belajar.

bermain egrang bersama teman

bermain egrang bersama teman

Hari ini aku bermain sama Satrio dan Olip. Engrangku yang paling tinggi, tapi tadi kita gantian, saling pinjam. Aku memang Continue reading

Minggu Pagi Di Monumen Pancasila Bandung

Tadi pagi aku pergi ke taman Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat atau biasa dikenal degan sebutan Monumen Pancasila (mungkin karena ada patung garuda pancasila). Bukan untuk olahraga lari, tapi sekedar jalan-jalan saja. Tiap hari minggu di taman ini memang banyak yang berolahraga. Ada yang lari, main sepakbola, bulu tangkis, main sepeda, dll.  Tapi lebih banyak yang jalan-jalan saja seperti kami daripada yang olahraga. 😀

Setelah memarkir motor, kami memasuki taman sebelah utara. Sudah banyak yang datang. Mungkin mereka sudah berangkat dari jam 6, sementara kami dari rumah jam 7. Perjalanan kurang lebih setengah jam.

taman monumen pancasila

taman monumen pancasila

Kemudian kami berjalan keliling taman, ternyata banyak juga yang main badminton. Aku ngomong sama bapak kalau aku juga mau mencoba bermain badminton (belum pernah main sama sekali). Kemudian bapak menyewa raket dan kok dengan biaya Rp.5.000,- untuk bermain sepuasnya. Dan benar juga, aku memang belum bisa bermain badminton. Perlu banyak berlatih seperti di Continue reading

Fakta Keren Tentang Sumatera (3)

Sungai Kampar atau Batang Kampar merupakan salah satu sungai unik yang ada di Indonesia, berhulu di Bukit Barisan sekitar Sumatera Barat dan bermuara di pesisir timur Pulau Sumatera Riau. Sungai ini merupakan pertemuan dua buah sungai yang hampir sama besar, yang disebut dengan Kampar Kanan dan Kampar Kiri. Pertemuan ini berada pada kawasan Langgam, Kabupaten Pelalawan, dan setelah pertemuan tersebut sungai ini disebut dengan Sungai Kampar sampai ke muaranya di Selat Malaka.

Memang sungai ini tidak terlalu panjang, namun memiliki ombak hingga mencapai 7 hingga 10 meter. Penduduk sekitar menyebut ombak yang ada di sungai itu sebagai Bono. Bono adalah gelombang atau ombak yang terjadi di Muara Sungai Kampar, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau, Indonesia. Ombak Bono Sungai Kampar merupakan suatu fenomena alam akibat adanya pertemuan arus sungai menuju laut dan arus laut yang masuk ke sungai akibat pasang.

berselancar di sungai? keren

berselancar di sungai? keren

Biasanya ombak atau gelombang hanya terjadi di tepi pantai atau laut ataupun danau yang luas akibat perubahan arus air dan angin. Ombak yang berukuran cukup besar banyak dimanfaatkan untuk bermain selancar. Maka, jika melihat Continue reading

Pagi Hujan, Siang Panas Menyengat Diikuti Gemuruh Suara Geludug

Tadi pagi, saat aku baru mau mandi tiba-tiba hujan turun deras sekali. Berharap segera reda, biar nanti berangkat sekolah nggak kehujanan. Selesai mandi lalu ganti baju, kemudian aku sarapan sambil menunggu hujan reda. Tepat pukul 7:00WIB hujan deras sudah reda, tinggal sedikit gerimis. Aku sudah siap berangkat sekolah, (eh iya, sekolahku jam pelajaran dimulai pukul 07:15WIB) aku mengambil jaket untuk mengurangi rasa dingin.

Bapak sudah siap dengan motor bututnya untuk mengantar aku ke sekolah. Kata bapak tidak perlu pakai jas hujan, karena gerimisnya tidak akan membuat basah kuyup. Tapi harus pakai helm, walaupun jarak dari rumah ke sekolah cukup dekat (± 5-10 menit, tergantung jalan depan pasar macet atau tidak) kecelakaan bisa terjadi kapan saja, yang penting jangan lupa berdoa.

Perjalanan lancar, jalan depan pasar tidak macet. Sampai di sekolah sudah tidak gerimis, tapi tetap saja ada yang memakai jas hujan, mungkin yang rumahnya agak jauh waktu berangkat tadi ditempatnya masih hujan. Kecuali yang diantar naik mobil, bisa sambil sarapan dan menikmati hujan dalam perjalanan.

Jam pelajaran pertama adalah olahraga, gabungan dari kelas 1A, kelas 2A dan kelas 3A. Kemungkinan mau di ajak jalan-jalan ke Continue reading

Hari Kamis Yang Menyenangkan, Sekaligus Melelahkan

Merasa lelah dan capek sekali hari ini. Aku baru saja bangun tidur, sesudah makan dari pulang sekolah tadi bawaannya lemas dan ngantuk. Setelah mengambil bantal dan tiduran beralaskan tikar dilantai yang dingin, menjadi obat tidur paling mujarab buatku, apalagi dengan perut yang sudah terisi. Aku langsung ngorok, pulas banget.

Tidak seperti biasanya, pelajaran olahraga kelas 2A kali ini diganti jadwal menjadi hari Kamis, yang biasanya dilaksanakan hari Rabu. Bukan cuma kelas kami, kelas 1A dan kelas 3A juga berubah jadwalnya. Jadi hari ini kelas 1A, 2A, 3A olahraga bersama yang dibimbing oleh Pak Wahyu, guru olahraga kelas A.

Ternyata olahraganya bukan dilingkungan sekolah, melainkan kita diajak Continue reading

Hari Ini Semua Siswa Kelas 2A Ke Perpustakaan Sekolah

Kegiatan belajar mengajar di sekolah hari ini masih melanjutkan tugas hari Senin yaitu mewarnai. Teman sebangku aku si Ahmad tidak masuk, dia lagi sakit. Jadi tugas mewarnai bersama kemarin aku selesaikan sendiri, cuma tinggal sedikit lagi.

Setelah semua tugas mewarnai selesai dan dikumpulkan, ibu Yuli menyuruh para siswa untuk pergi ke perpustakaan. Dengan senang hati, aku dan teman-teman berjalan ke perpustakaan sekolah. Seperti biasa setelah melepas sepatu dan mengucapkan salam, kami bergegas mencari buku yang kami suka.

buku dari perpustakaan sekolah

buku dari perpustakaan sekolah

Buku yang aku pinjam kali ini adalah buku cerita tentang detektif cilik. Mengisahkan tentang kejadian Continue reading