Fakta Keren Tentang Sumatera (2)

Ada yang pernah makan Kue Delapan Jam? Kalau aku belum pernah (siapa yang nanya? 😛 ). Kue Delapan Jam merupakan kue tradisional asli kota Palembang dan merupakan kekayaan kuliner yang masih dilestarikan oleh masyarakat di daerah Sumatera Selatan. Meskipun begitu tidak mudah menemukan kue ini sehari-hari. Dari namanya yang unik dapat dijelaskan bahwa delapan jam merupakan waktu yang digunakan untuk membuatnya.

Kue tradisional ini pada mulanya hanya bisa dan boleh di sajikan untuk kalangan bangsawan. Tidak ada yang boleh menikmati kue yang enak ini bagi kalangan masyarakat biasa. Namun berbeda pada saat ini karena kue yang legit dan nikmat ini sudah bisa dinikmati oleh semua kalangan masyarakat meskipun tidak setiap hari bisa ditemukan bebas di pasaran semua itu karena proses membuatnya memakan waktu lama.

kue delapan jam

kue delapan jam

Untuk menikmati kue tradisional yang lezat ini kalian bisa meluangkan waktu ke Palembang saat perayaan imlek atau hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan acara-acara penting yang lain atau acara adat di daerah setempat. Namun untuk saat ini kalian tidak perlu khawatir jika tidak sempat ke Palembang.  Dengan bantuan mbah Gugel, kita bisa bertanya cara membuat kue delapan jam, asalkan mau menunggu dan bersabar selama 8 jam untuk membuatnya. Tidak mau repot, tinggal pesan saja via online.  Gampil.

Fakta keren yang kedua yaitu Kue Delapan Jam, adalah kue khas Palembang yang proses memasaknya perlu waktu 8 jam. 😎

bersambung…

Leave a comment